Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Selamat beribadah puasa. Mohon maaf lahir dan bathin.

Sabtu, 23 Juli 2011

Hal di Kamar Tidur yang Pengaruhi Kesehatan

img
Berbicara mengenai kulaitas tidur yang baik, erat kaitannya dengan kamar tidur yang sehat. Kamar tidur yang baik tidak hanya bisa mempengaruhi kesegaran, namun juga kesehatan serta kehidupan seks Anda.

Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk menjaga kamar tidur agar tetap bersih dan sehat. Seperti yang dikutip dari msn, berikut enam tips untuk dapatkan kamar tidur yang baik

1. Bersihkan jamur
Jamur pada dinding kamar bisa menyebabkan penyakit, terutama bagi Anda yang mengidap alergi. Jamur seperti Aspergillus, yang bisa menjadi sumber penyakit pernapasan dan Cladosporium, jamur penyebab infeksi kulit dan kuku merupakan jenis jamur yang banyak ditemukan dalam dinding rumah tua.

"Mereka dapat memperburuk gejala alergi seperti hidung tersumbat, iritasi kulit dan mata," ujar David Fost, seorang ahli alergi dan imunologi di Verona, New Jersey.

Untuk menghindari penyakit-penyakit tersebut, Anda diwajibkan untuk memperbaiki atap atau dinding yang bocor, bersihkan area tersebut dengan larutan pemutih dan jaga kelembabannya tetap rendah (antara 40 dan 60 persen dengan menggunakan Dehumidifier atau pendingin ruangan (AC) yang dapat menghilangkan uap air di udara.

2. Hilangkan debu di tempat tidur
Menjaga kebersihan tempat tidur mulai dari sprei, selimut, bantal, hingga guling adalah hal yang penting. David Forst menyarankan agar tak lupa mencuci sprei setiap minggu dengan air panas dan juga menjaga kelembabannya.

3. Kurangi jumlah cahaya
Hal pertama yang disarankan oleh para ahli adalah, jangan menyalakan lampu terlalu terang di kamar tidur Anda. Bahkan para ahli menyarankan agar kamar tidur hanya diterangi cahaya bulan atau lampu dari jalanan.

"Melatonin, hormon yang mengontrol siklus tidur dan bangun Anda, akan keluar pada malam hari akibat merespon adanya kegelapan," jelas Samuel L. Krachman, direktur Sleep Disorder Center di Temple University Hospital.

Cahaya hanya mengganggu produksi hormon tersebut sehingga menyebabkan Anda sulit tidur. Bahkan paparan cahaya di malam hari tidak hanya berpengaruh pada kualitas tidur saja, tetapi juga pada tekanan darah, kadar glukosa dan kemampuan mengatur suhu tubuh. Krachman menyarankan, pada saat tidur sebaiknya matikan lampu kamar dan buka sedikit tirai untuk paparan cahaya bulan.

4. Hindari menaruh peralatan elektronik di kamar
Para ahli kesehatan menjelaskan bahwa menaruh televisi, telepon tanpa kabel, laptop dan jam alarm listrik di kamar bisa berakibat buruk. Sebuah studi menjelaskan bahwa alat-alat tersebut dapat memancarkan frekuensi radio elektromagnetik yang bisa meningkatkan risiko kanker.

5. Jangan taruh dokumen pekerjaan di kamar
Seorang pakar dalam bidang stres dan trauma, Barbara Rubel setuju bahwa benda-benda yang berhubungan dengan pekerjaan sebaiknya tidak disimpan di dalam kamar tidur. Laptop, ponsel dan berkas-berkas pekerjaan di dalam kamar merupakan penyebab stres yang potensial.

6. Buat suasana kamar yang romantis
Bagi yang sudah menikah, pakar seks, Amy Levine menyarankan untuk menambah beberapa benda yang membuat Anda merasa percaya diri serta seksi di dalam kamar. Beberapa barang tersebut berbeda-beda untuk setiap orang, tapi Levine merekomendasikan kursi nyaman untuk alternatif tempat bercinta, bunga segar, dan juga sprei yang terbuat dari bahan satin yang seksi. 


Sumber

0 komentar: