Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Selamat beribadah puasa. Mohon maaf lahir dan bathin.

Selasa, 05 April 2011

Sebab-sebab Kelelahan

foto
Jangan buru-buru mengira kelelahan yang terjadi adalah masalah chronic fatigue syndrome. Siapa tahu kelelahan Anda adalah akibat dari masalah berikut. 

1. Anemia. Biasanya terjadi pada wanita yang sedang dalam siklus menstruasi. Terutama jika perdarahan membuat seseorang kekurangan hemoglobin atau protein yang kaya akan zat besi di sel darah merah yang berfungsi mengangkat oksigen dari paru-paru ke organ tubuh lainnya. Ketika organ tubuh tak mendapat cukup asupan oksigen, akan timbul kelelahan.
2. Tiroid yang kurang aktif (hypothyroidism). Kelenjar tiroid berupa benjolan kecil di pangkal leher. Menurut American Thyroid Foundation, pada usia 60 tahun, rata-rata 17 persen wanita akan mengalami masalah tiroid, tapi mereka tidak menyadarinya. Namun yang paling bisa disebut umum terjadi adalah penyakit otoimun, seperti Hashimoto tiroiditis. Penyakit ini membuat tubuh membunuh sel yang menghasilkan tiroksin dan hormon lain yang dibuat kelejar tiroid. Hasilnya adalah hypothyroidism atau metabolisme yang melambat.
3. Infeksi saluran urine yang tak terdiagnosis. Pada umumnya, gangguan pada pengidap infeksi saluran kencing adalah rasa terbakar dan keinginan untuk terus buang air kecil, tapi ada pula penderita yang merasa kelelahan. Kelelahan ini biasanya hilang sepekan setelah infeksi hilang.
4. Terlalu banyak minum kopi.Kopi atau minuman cola biasanya menjadi pilihan untuk mendorong energi. Tapi buat sejumlah perempuan, kafein bisa memberi efek sebaliknya. Sebab, kopi yang awalnya untuk menekan rasa lelah justru membuat kelelahan semakin parah. Jadi sebaiknya menghindari kopi, cokelat, teh, dan soda.
5. Intoleransi jenis makanan tertentu. Meski makanan seharusnya menjadi sumber energi, sejumlah ahli sepakat ada makanan tertentu yang justru membuat orang merasa kehabisan energi. Jadi perhatikan makanan yang selalu membuat Anda lebih cepat lelah beberapa saat setelah mengkonsumsinya.
6. Gangguan tidur. Ada orang yang tak sadar telah kekurangan tidur, karena yang terjadi adalah kuantitas tidur terpenuhi, tapi tidak soal kualitasnya. Biasanya ini terjadi pada mereka yang mengalami sleep apnea--kelainan tidur yang membuat orang dalam waktu sekejap berhenti bernapas. Ini sering kali terjadi beberapa kali dalam semalam. Saat bangun mungkin butuh waktu lebih lama untuk tertidur lagi, sehingga mengurangi kualitas tidur.
7. Penyakit jantung yang belum terdiagnosis. Ada orang yang merasa sangat kepayahan setelah melakukan aktivitas tertentu yang sebenarnya adalah kegiatan yang sangat sederhana. Segera periksakan ke dokter jika hal ini sering terjadi.

Sumber

0 komentar: